Informasi Budaya Jawa : Ke Makam Sultan Bungkul

0 82

Siapa yang sangka di balik keramaian Taman Bungkul ternyata ada sebuah bangunan cagar budaya yang kerap luput dari perhatian, bangunan itu adalah Makam Sultan Bungkul. Sultan Bungkul merupakan orang berpengaruh di zamannya yang juga bangsawan dari Kerajaan Majapahit. Seperti yang diungkapkan penjaga makam, Sultan Bungkul mengembara dan meninggalkan nafsu duniawi untuk mencari kebahagiaan sejati. Untuk mewujudkan keinginannya, kemudian ia menetap di sebuah desa bernama Bungkul hingga akhir hayatnya.

Atas kebijaksanaan dan ilmu agama yang kuat, beberapa orang menganggap Sultan Bungkul merupakan sesepuh dari wali songo, sembilan wali yang turut menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Bahkan beliau mempunyai hubungan pertalian keluarga dengan beberapa wali, yaitu mertua dari Sunan Giri dan besanan dengan Sunan Ampel. Atas kharismanya tersebut, Mbah Bungkul diangkat menjadi Sultan dan dianggap pemimpin bagi masyarakat Desa Bungkul.

Di dalam kompleks Makam Sultan Bungkul sendiri terdapat beberapa bagian, bagian utama berisi Makam Sultan Bungkul yang bersanding dengan beberapa makam dari keturunannya. Sementara di bagian luar juga terdapat banyak makam. Menurut penjaga makam, di bagian luar merupakan makam yang diperuntukkan bagi para pengikut Sultan Bungkul.

Source Indonesia indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/bertandang-ke-makam-sultan-bungkul-di-surabaya
Comments
Loading...