Informasi Budaya Jawa : Entang Sutisna Seniman Wayang

0 62

Menjadi lulusan sekolah rakyat tidak membuat kreatifitas sosok yang satu ini mentok begitu saja. 120 buah wayang, pesanan Alm. Mantan Presiden Soeharto dan Ibu Tien menjadi awal dimana keyakinan Entang Sutisna menggebu-gebu untuk fokus meneruskan hobinya sebagai pembuat wayang golek.

Ketertarikan saya pada wayang golek bermula saat menyaksikan pertunjukan wayang di sekitar rumah.

Sejak saat itu, Entang yang juga merupakan keturunan asli Bogor mengaku tidak pernah ketinggalan untuk menyaksikan setiap pertunjukan wayang yang sedang dipentaskan. Pembelajaran demi pembelajaran hingga pengenalan terhadap tokoh wayang merupakan cara yang ditempuh pensiunan Korem 061 Suryakencana ini untuk menyelami lebih dalam lagi dunia pewayangan. Hobi pembawa berkah’ begitulah penggalan kisah yang dapat diambil dari Bapak 4 orang anak ini.

Bicara mengenai anak, rupanya Entang tak ingin menyia-nyiakan keahliannya untuk lenyap begitu saja seiring berjalannya waktu. Kemahiran mengukir kayu untuk diolah menjadi sosok tokoh pewayangan Entang turunkan kepada anak-anaknya. Endai, anak pertama Entang menjadi salah satu pewaris keahlian sang Ayah.

Source Indonesia indonesiakaya.com/tokoh/detail/entang_sutisna
Comments
Loading...