Informasi Budaya Jawa : Desa Budaya Sabdodadi

0 36

Sabdodadi merupakan Desa Budaya dan juga sebagai Desa Wisata. Dengan adanya pusat perajin kulit di desa tersebut tepatnya di Dusun Manding, Desa Sabdodadi semakin terkenal di dalam maupun di luar negeri. Desa tersebut juga merupakan jalur wisata pantai yaitu pantai Parangtritis. Secara geografis Desa Sabdodadi berbatasan dengan Desa Sumberagung disisi Timur, Desa Timbulharjo di sisi Utara, Desa Trirenggo di sisi Barat, dan Desa Patalan disisi Selatan.

Desa Sabdodadi memiliki Wilayah administratif sebagai berikut Pedukuhan Neco terdiri 6 RT, Pedukuhan Manding terdiri dari 12 RT, Pedukuhan Kadibeso 5 RT, Pedukuhan Dukuh 6 RT, Pedukuhan Keyongan 8 RT. Desa Sabdodadi merupakan salah satu Desa Budaya dari 12 Desa Budaya yang terdapat di wilayah Kabupaten Bantul yang diantaranya adalah Desa Srigading, Desa Mulyodadi, Desa Seloharjo, Desa Selopamioro, Desa Dlingo, Desa Triwidadi, Desa Trimurti, Desa Gilangharjo, Desa Sitimulyo, Desa Panggungharjo, Desa Bangunjiwo dan Desa Sabdodadi.

Ragam potensi Seni dan Budaya di Desa Sabdodadi pada saat ini masih berjalan dan bertahan dengan baik, bukti tersebut dengan adanya kelompok kelompok seni yang masih bersemangat dalam menlakukan kegiatan kegiatan latihan secara rutin mulai dari seni karawitan, pedalangan, bregodo keprajuritan, reog, sholawatan dll. Selain kegiatan seni yang masih tetap berjalan, kekayaan seperti situs yang diduga sebagai cagar budaya di Desa Sabdodadi juga beragam seni.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.eHsTef3lolH0cMMHLLYbpY3ZGOZrdDk51WrmtT1f0IASh5wcq8WNUL5XpQ8plY0SvNJL6nT8_ekiJQKIf7EdgA
Comments
Loading...