Indonesia Menari 2018, Melestarikan Budaya Lewat Tarian

0 120

Indonesia Menari 2018, Melestarikan Budaya Lewat Tarian

Peserta Indonesia Menari 2018 terdiri dari perorangan, komunitas pecinta tari, sanggar tari, serta sekolah dan universitas di Indonesia. Mereka menari bersama menggenakan berbagai macam pakaian khas daerah nusantara untuk menunjukan bakat dan memperebutkan total hadih ratusan juta rupiah.

Antusiasme masyarakat ditunjukan dengan jumlah pendaftar di Jakarta yang mencapai 3.000 pendaftar dari 1.500 kuota yang disediakan. Jumlah pendaftar yang mencapai 2 kali lipat kuota ini, menunjukan bahwa eksistensi tarian tradisional di masyarakat masih digemari.

Sementara Bandung dan Solo, keduanya sama-sama diikuti sebanyak 1.200 penari dari berbagai daerah, seperti Jogjakarta, Kudus, Boyolali, bahkan dari Palembang dan Malang. Sedangkan daerah Semarang diikuti sebanyak 300 penari yang juga tersebar dari berbagai daerah.

Indonesia Menari 2018 dimulai serentak pukul 13.00 WIB, dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area di Grand Indonesia, Jakarta; Mall the Park, Solo, dan 23 Paskal Shopping Centre, Bandung. Khusus Semarang, pagelaran diselenggarakan outdoor di Taman Indonesia Kaya, pada pukul 16.00 WIB.

Acara ini tentu banyak menyita perhatian pengunjung mal yang datang. Indonesia Menari 2018 dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi yang menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan tari modern dengan durasi 4 menit.

Selain itu, pertunjukan juga diiringi musik aransemen Pongki Prasetyo yang menggabungkan lagu-lagu daerah dari Riau (Soleram), Kalimantan Selatan (Ampar-Ampar Pisang), Jawa Tengah (Cublak-Cublak Suweng), dan Papua (Yamko Rambe Yamko)

Source http://kabare.id/ http://kabare.id/berita/indonesia-menari-2018-melestarikan-budaya-lewat-tarian
Comments
Loading...