budayajawa.id

Hiasan Kepala Penari Merak

0 111

Properti tarian ini tergolong sangat banyak mulai dari kostum hingga aksesoris. Properti-properti ini yang mendukung sempurnanya koreografi di atas panggung. Adapun properti yang biasa dikenakan oleh para penari merak diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mahkota

Mahkota yang dipakai oleh para penari merak disebut juga dengan nama siger. Mahkota ini menjadi unik karena terlihat dari aksesoris yang terdapat didalamnya, yaitu berupa payet atau pernik. Payet-payet ini memiliki berbagai macam warna, sehingga menjadikan mahkota menjadi glamour ketika terkena sinar.

2. Hiasan Telinga

Apabila kita perhatikan properti tari merak yang dipakai oleh para penari dibagian telinga. Ini hampir mirip dengan ornamen yang terdapat pada kostum pewayangan, properti ini bernama sesuping.

Jika dilihat dengan keseluruhan, properti ini masih menjadi pelengkap aksesoris mahkota. Hal itu bisa dilihat dari corak dan pernik yang digunakan merupakan masih satu paket, baik warna maupun bahannya.

3. Hiasan Sanggul

Aksesoris yang satu ini dikenakan dibagian belakang rambut penari tari perak. Properti ini menggambarkan seekor buruk merak jantan. Tapi, sebagian orang ada yang menyebut aksesoris ini dengan nama garuda mungkur.

Source https://qudsfata.com/tari-merak/ https://qudsfata.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.