Ciri Orang Sunda

0 249

Orang Sunda

Hal-hal yang dapat mencirikan bahwa itu adalah orang Sunda diantaranya yaitu :

1.Orang Sunda (Katanya) Gareulis dan Garanteng

Dalam bahasa Indonesia artinya Cantik-cantik dan Tampan-tampan, tatar Sunda terkenal dengan wanita-wanitanya yang cantik dan kemayu, di Sunda sendiri ada istilah mojang priangan yang menggambarkan kecantikan dan karakter wanita Sunda.

2.Tekstur Muka yang Khas

Orang Sunda juga biasanya dapat dikenali langsung dari tekstur muka dan kulitnya, wajahnya yang kalem dengan kulit putih atau sawo matang pas menandakan bahwa orang itu adalah orang Sunda pisan. Sehingga memiliki perbedaan dengan daerah lain yang berada di luar daerah Sunda.

3.Hidup Mah Di Bawa Santai

Orang Sunda memandang suatu masalah dengan tenang dan dibawa santai, orang Sunda berbeda dengan orang jawa yang dikenal keuletan, kegigihan dan keseriusannya. Mereka terkenal tidak suka ribet.

Karakter orang Sunda diwakili oleh sosok Kabayan yang digambarkan sebagai seorang pemalas, santai namun banyak akal.

4.Kreatif dan Inovatif

Sebagian dari orang Sunda juga dekat dengan alam sehingga mereka terbiasa memanfaatkan benda di sekitar menjadi lebih bernilai.

5.Suka Lalapan dan Sambel (Apalagi Sambel Dadakan)

Suasana jamuan akan semakin nikmat, apalagi bila berada di daerah dataran tinggi dengan pemandangan yang menakjubkan. Kebanyakan orang Sunda memang menyukai makanan yang berbau pedas.

6.Kalau Marah Kayak Lagi Bercanda

Karena tekstur muka dan bahasa yang dimiliki oleh orang Sunda kadang kalau marah pun mereka terlihat seperti orang yang sedang berbicara biasa.

7.Pake Imbuhan Mah, Da, Atuh Euy, sok Kalau Berbicara

Kata-kata seperti mah, da , atuh, euy biasanya terselip dan susah untuk dihilangkan karena sudah menjadi kebiasaan orang Sunda.

Berbicara tanpa imbuhan tersebut bagi orang Sunda seperti makan sayur tanpa air.Beberapa dari kata imbuhan ini ada yang memiliki arti ada juga yang tidak memiliki arti bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

8.Bahasa Sunda Banyak Kosakata, Lieur

Bahasa Sunda bila di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia atau kalau diterjemahkan pun artinya malah semakin aneh.

 

Source Hal-hal Yang Merupakan Ciri Orang Sunda salamadian
Comments
Loading...