Haji sebagai Tujuan Hidup, Filosofi Hidup Masyarakat Madura

0 37

Haji sebagai Tujuan Hidup, Filosofi Hidup Masyarakat Madura

Orang suku Madura yang terkenal dengan kerja keras dan keteguhannya dalam memegang nilai-nilai Islam. Memiliki tujuan hidup yang sama yakni naik Haji. Pergi berhaji bagi masyarakat Madura selain sebagai bentuk penyempurna ibadah sebagaimana yang ada dalam ajaran Islam.

Merupakan salah satu bentuk menunjukkan status sosial di kalangan masyarakat. Predikat haji bagi suku Madura memiliki prestise tersendiri. Mereka yang telah berhasil menunaikan ibadah haji, maka lingkungan sosialnya akan memanggil mereka dengan sebutan ‘abah’ untuk pria dan ‘umi’ untuk wanita.

Secara tidak langsung sebutan ini seperti meningkatkan kasta sosial mereka dibandingkan dengan orang-orang yang belum berhaji. Bagi orang Suku Madura, pergi berhaji terkadang tidak cukup hanya sekali, selagi mereka memiliki kemampuan secara ekonomi maka mereka akan terus pergi berhaji dan otomatis status sosialnya pun akan terus merangkak naik.

Oleh sebab itu, berhaji bagi suku Madura menjadi sebuah nilai budaya tersendiri. Indonesia memang negara dengan suku bangsa yang kaya akan budaya, warisan kekayaan budaya merupakan hal yang patut untuk terus dilestarikan.

Source https://ilmuseni.com/ https://ilmuseni.com/seni-budaya/kebudayaan-suku-madura
Comments
Loading...