Gulat Okol, Gulat Tradisional Asal Gresik Yang Belum Dipatenkan.

0 43

Gulat tradisional dilestarikan oleh warga Bongsowetan bernama, Gulat Okol. Tidak seperti acara gulat pada umunya yang dilakukan oleh laki-laki berbadan kekar tradisi gulat okol ini juga dilakukan oleh anak-anak dan perempuan. Di sini tidak ada menang atau kalah, karena semuanya akan mendapat hadiah secara rata. Gulat Okol adalah budaya warga yang berlangsung sejak dulu.

 

Asal Mula Gulat Okol

Gulat okol sendiri berasal tradisi leluhur Desa Setro, yang awal mulanya ada seorang pemuda pengembala kambing di musim kemarau, tiba-tiba turun hujan kemudian pemuda tersebut saling dorong untuk menunjukan rasa syukur. Saling dorongnya itu dilestarikan sampai sekarang sebagai bentuk melestarikan tradisi dan rasa syukur kepada leluhur Desa, selain itu juga dimeriahkan berbagai acara seperti tayuban, tumpengan, orkes melayu dan ludruk. Gulat Okol dilaksanakan sekali dalam setahun saat musim kemarau, selain untuk memohon datangnya musim hujan, gulat okol juga menjadi ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rejeki dan hasil panen yang mereka dapat. Tahun mendatang rencananya Gulat Okol dan kesenian lainya akan dipatenkan agar masyarakat mengetahui bahwa kebudataan tersebut memang asli dari gresik, karena untuk mendapatkan hak paten tidak semudah membalikan telapak tangan, masih ada mekanisme tahapan yang harus dilalui.

Source Gulat Okol, Gulat Tradisional Asal Gresik Yang Belum Dipatenkan. Gulat Okol, Gulat Tradisional Asal Gresik Yang Belum Dipatenkan. Gulat Okol, Gulat Tradisional Asal Gresik Yang Belum Dipatenkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.