Guar Bumi, Wisata Budaya Ritual Sedekah Bumi di Majalengka

0 194

Masyarakat Majalengka dan wisatawan yang sedang liburan akan disuguhi acara yang unik. Pasalnya, ada ritual budaya Guar Bumi Ciparay Majalengka di Alun alun Desa Ciparay Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Ritual ini digelar rutin setahun sekali, tepatnya menjelang awal menanam padi sebelum datang musim hujan.

Ritual Guar Bumi atau sedekah bumi ini digelar dengan harapan agar musim tanam yang akan datang para petani diberikan hasil panen yang berlimpah. Setiap tahun, tepatnya di awal musim rendengan (masa bercocok tanam pada musim hujan), petani sering berkumpul dan doa bersama meminta keselamatan kepada sang pencipta. Sedekah bumi merupakan sebuah ritual perenungan diri bahwa semua manusia berasal dari bumi dan manusia juga hidup di bumi.

Kegiatan acara yang seru dijamin sangat banyak. Mulai karnaval Dongdang dan Tombak hingga karnaval bebegig (orang-orangan) sawah dipastikan siap menyapa setiap tamu.  Belum lagi adat istiadat penyajian tumpeng nasi kuning dan panggang ayam kampung serta makanan-makanan tradisional.Sebelum dimulai, beberapa tokoh masyarakat bersama pemerintah desa melakukan ritual terlebih dahulu. Mereka memanjatkan doa dan saling bertukar makananan khas sedekah bumi yakni ketupat dan lepet (makanan yang terbuat dari ketan seperti lontong).

Kemudian makanan tersebut akan ditaruh di atas pintu rumah warga masing-masing. Maksud dan tujuannya adalah untuk memohon berkah sekaligus meminta izin kepada Tuhan yang Maha Esa, sebelum para petani melakukan aktivitas di musim rendengan.

Sejumlah tari-tarian tradisional juga akan mengiringi acara Guar Bumi seperti Tari Topeng, Sampyong Genjring, dan permainan irama musik Calung. Selain itu, ada pameran kerajinan, kuliner desa, dan napak tilas desa serta agenda mengunjungi situs peninggalan sejarah Hulu Dayeuh.

Source https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20171018124254-307-249203/guar-bumi-wisata-budaya-ritual-sedekah-bumi-di-majalengka www.cnnindonesia.com
Comments
Loading...