Grebegan (Mulutan) Solo

0 189

Grebegan (Mulutan)

Grebegan atau mulutan adalah sebuah tradisi keraton solo yang diadakan pada 12 rabiul awal yaitu pada saat hari kelahiran nabi Muhammad SAW. Hal itu dilakukan oleh pihak keraton untuk diberikan kepada masyarakat yang ada di kota solo. Tradisi ini dinamakan grebegan diambil dari kata “grebeg” yang berarti menangkap, masyarakat menangkap apa yang diberikan masyarakat tersebut dan nama mulutan tersebut diambil dari kata maulid, orang jawa memudahkan hal itu dengan mengganti nama menjadi mulut dan kebiasaan orang jawa menambahkan huruf diakhir kata dengan akhiran -an sehingga menjadi mulutan.

Tradisi ini terjadi secara turun temurun dari pertama kalinya keraton solo berdiri hingga sekarang. Tradisi tersebut dimaksudkan untuk menyebarkan agama islam. Masyarakat yang awalnya beragama hindu kemudian para pimpinan keraton memiliki ide untuk membuat agama islam dapat diterima dengan melakukan akulturasi budaya antara hindu dan islam. Dengan hal itu, meningkatkan jumlah orang yang beragama islam di Solo.

Grebegan ini diberikan kepada masyarakat dalam bentuk dua gunungan yang sangat besar. Gunungan tersebut terdiri dari beberapa sayuran dan buah-buahan seperti tomat, mentimun, bawang merah, bawang putih, dan lain sebagainya. Gunungan ini dibagikan di tengah alun-alun kota Solo. Awalnya gunungan ini dibuat oleh pihak keraton kemudian diantar ke masjid agung, Solo untuk memanjatkan doa atas nikmat yang diberikan dan semoga hal itu dapat membuat sejahtera kehidupan kota Solo. Setelah itu, pihak keraton mengangkat gunungan tersebut untuk dibawa di tengah-tengah alun-alun di Solo, kemudian pihak keraton itu melempar sayuran dan buah-buahan kepada masyarakat yang telah menunggu, mereka berebutan satu sama lain untuk merebutkan hal itu. Apabila mendapatkan itu, maka kehidupan mereka akan berkah. Itulah salah satu kebudayaan negara Indonesia. Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam, maka dari itu kita junjung untuk melestarikan kebudayaan yang baik untuk membuat kehidupan bangsa Indonesia ini semakin maju kedepannya. Saya sedikit menjelaskan ini berdasarkan hasil wawancara saya dengan kakek saya yang telah mengerti kebudayaan-kebudayaan yang berada di daerah saya.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Grebegan-Mulutan/
Comments
Loading...