budayajawa.id

Grebeg Penjalin, Kabupaten Sukoharjo

0 21

Grebeg Penjalin, Kabupaten Sukoharjo

Gerebek Penjalin sendiri merupakan upaya untuk mengukuhkan kebangkitan kembali industri kerajinan rotan di Desa Transan yang selama ini mati suri. Dalam gerebek penjalin tersebut, dipamerkan berbagai macam hasil kreasi pengrajin, dari mulai bola takraw, rak buku, hulahop, kursi, meja dan berbagai macam kerajinan lain yang semuanya terbuat dari bahan dasar rotan.

Dalam gerebek penjalin ini, juga digelar kirab budaya yang melibatkan 650 siswa-siswi yang memperagakan berbagai ketrampilan. Ratusan anak juga memainkan hulahop seara massal, pendekar cilik dari berbagai macam perguruan, reog, drum band, Paskibraka.

Ketua Panitia Gerebek Penjalin Desa Transan, Suryanto mengatakan, pihaknya memang sengaja membagi gerebek penjalin tahun ini dengan dua macam kegiatan yakni kirab budaya memperkenalkan kerajian rotan kepada publik, dan juga ada bazar mebel yang diperuntukkan untuk pameran. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempromosikan dan mengangkat Desa Transan sebagai desa wisata. Mengingat Desa Transan merupakan sentra terbesar penghasil kerajinan rotan terbesar di Indonesia setelah Kabupaten Cirebon.

Diceritakan Suryanto, Desa wisata Transan pernah mengalami masa kejayaan pada tahun 1998 sampai dengan tahun 2007. Kala itu, pihaknya mempunyai total perajin rotan hingga mencapai 400 orang. Tak hanya itu, hasil kreasi serta produksi rotan Desa Transan mampu menembus pasar ekspor ke berbagai negara. Namun pasca tahun 2008 di mana saat itu terjadi krisis moneter global, berdampak pada bangkrutnya usaha kerajinan rotan warga. Sekitar lebih dari 75 % perajin memilih untuk menghentikan produksinya lantaran kondisi pasar yang lesu.

Semenetara itu, salah seorang warga Desa Geneng, Kecamatan Gatak yang ikut berebut gunungan, Fatimah, mengaku ikut senang dengan adanya gerebek penjalin yang diperingati setiap tahun ini. Menurutnya, selain sebagai ajang promosi, kirab budaya semacam ini juga menjadi hiburan tersendiri yang dinanti oleh masyarakat setempat.

Source http://sukoharjo.sorot.co http://sukoharjo.sorot.co/berita-1129-gerebeg-penjalin-desa-transan-ribuan-warga-rebutan-gunungan-rotan.html
Comments
Loading...