Grebeg Agung Pajang Di Petilasan Kasultanan Pajang

0 157

Grebeg Agung Pajang Di Petilasan Kasultanan Pajang

Petilasan Kasultanan Pajang terletak di Pajang, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Tepatnya beberapa ratus meter di sebelah selatan lapangan bola Makamhaji. Dari salah satu lokasi bersejarah yang terletak di Kabupaten Sukoharjo itu, dan dikatakan akan diagendakan secara rutin tiap tahun yaitu Grebeg Agung Pajang.

Grebeg Agung Pajang diselenggarakan oleh Paguyuban Patilasan Kasultanan Pajang dan Paguyuban Kawulo Keraton Surakarta Hadiningrat (Pakuso). Kegiatan budaya berupa kirab gunungan Grebeg Agung Pajang ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi (12 Rabiulawal). Karena itu, penyelenggaraan Grebeg Agung Keraton Pajang berdekatan dengan hari Maulid Nabi.

Grebeg Agung Keraton Pajang dimulai pada pagi hari sebelum tengah hari dari kawasan Pasanggrahan Induk Petilasan Keraton Pajang. Seperti kirab dalam budaya Jawa, terdapat dua macam gunungan yang ikut diarak. Gunungan laki-laki dan perempuan sebagai lambang keseimbangan.

Gunungan-gunungan itu terbuat dari berbagai macam hasil bumi. Namun, satu yang paling diangkat adalah ketela Pajang. Hasil bumi kawasan Pajang yang konon sudah terkenal sejak Kasultanan Pajang berjaya. Dari pasanggrahan, ratusan peserta kirab akan menempuh rute kirab mengelilingi kawasan bersejarah itu.

Dengan adanya gunungan, maka prosesi pembagian gunungan kembali menjadi prosesi yang ditunggu-tunggu ribuan warga yang biasa hadir. Namun, selain gunungan dalam kegiatan ini pengunjung juga dapat menyaksikan pusaka yang ikut dikirab, pasukan berkuda, dan juga tentunya belajar sejarah tentang Kerajaan Pajang langsung di Petilasan Kasultanan Pajang.

Upacara tradisional Kabupaten Sukoharjo ini menjadi salah satu agenda budaya yang dapat disaksikan pada bulan Mulud di kawasan Solo Raya. Selain grebeg ini, masih terdapat berbagai macam peristiwa budaya yang dijadikan tujuan wisata di wilayah Sukoharjo.

Source http://chic-id.com http://chic-id.com/grebeg-agung-pajang-di-petilasan-kasultanan-pajang/
Comments
Loading...