Goyang Madura /Tongkat Madura

0 151

Goyang Madura /Tongkat Madura

Pulau kecil yang terletak di Timur Laut Jawa ini menyimpan tradisi Goyang Madura dan Tongkat Madura. Tradisi ini merupakan semacam cara untuk mengentalkan kehebatan seksual para wanita Madura. Mengepalkan vagina yang telah kundur dan kembali membuatnya harum. Ritual ini biasanya digunakan pada pengantin perempuan yang baru menikah.

Daerah kewanitaan di tubuh perempuan Madura dipercaya dapat kembali rapat dan wangi dengan cara menyelipkan tongkat sepanjang 12 sentimeter ini ke vagina selama tiga menit.

Tongkat Madura ini bisa diperoleh dari yayuk yayuk jamu gendongan atau sepeda yang berkeliling dipemukiman Penduduk menengah kebawah.

Komarudin, salah seorang pembuat jamu tradisional di Desa Braji, Kecamatan Gapura, Sumenep, menjelaskan untuk memilih bahan, pun ada petunjuk yang harus dipatuhi karena menentukan khasiat. Misalnya, akar kelor harus dipilih pohon yang menghadap tenggara. Pohon kelor ini banyak ditemui di setiap rumah penduduk Madura.

Ramuan Tongkat Madura juga mengandung bawang putih. Tapi bukan sembarang bawang. Para pengrajin harus mencari bawang putih wungkul atau bawang lanang, yaitu bawang tunggal yang tak ada tunas-tunasnya.

Selain itu, menurut Komarudin, mitos terkait khasiat bukan hanya tergantung bahan-bahan yang harus dicari dengan cermat dan teliti. Ritual saat minum jamu pun ikut penting menentukan tingkat kemanjuran jamu Madura.

Seperti saat minum jamu obat kuat Madura, pria harus mencampur ramuan jamu dengan telur ayam kampung yang berbentuk lancip dan berjumlah ganjil. Khasiat jamu akan lebih ‘jreng’ jika saat Anda minum jamu posisi jempol kaki kanan harus menginjak jempol kaki kiri.

Mengapa ritual minum jamu Madura menjadi sangat rumit? Para pembuat jamu rata-rata mengaku tidak tahu. Mereka hanya meneruskan kepercayaan itu turun menurun sejak dulu. Tapi mereka juga sudah merasakan loh, ritual itu katanya bisa langsung terasa efeknya.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Goyang-Madura-Tongkat-Madura/
Comments
Loading...