Gotri Legendri, Permainan Tradisional

0 19

Gotri Legendri, Permainan Tradisional

Gotri Legendri adalah permainan daerah yang sering dimainkan oleh anak-anak asal Solo, Jawa Tengah. Peserta permainan ini terdiri dari minimal 4 orang, dan pada zaman dahulu, permainan ini dimainkan dengan menggunakan pecahan-pecahan genting atau batu, dengan salah satu kepingannya berukuran lebih besar dari yang lainnya.

 

Di awal permainan, seluruh peserta akan duduk melingkar dengan masing-masing anak memegang batu sambil menyanyikan lagu Gotri. Seiring berjalannya lagu, batu akan digeser berputar. Lalu, saat lagu selesai, anak yang terakhir kali memegang batu atau kepingan yang paling besar akan dihukum. Jenis hukumannya beragam sesuai kesepakatan para pemain, namun hukuman yang umumnya digunakan adalah menyanyi di depan pemain lain.

Alat bantu permainan dapat diganti dengan balok atau benda yang bentuk geometri atau warnanya berbeda. Hal ini bertujuan untuk sekaligus mengenalkan kepada para pemain, yang umumnya adalah anak-anak, mengenai bentuk-bentuk geometri ataupun warna-warna yang beragam.

Source https://budaya-indonesia.org/Gotri-Legendri/ https://budaya-indonesia.org/Gotri-Legendri/
Comments
Loading...