Godong – Godongan, Permainan Tradisional

0 32

Godong – Godongan, Permainan Tradisional

Nama permainan ini adalah Godong-godongan, dari asal kata dedaunan. Permainan ini menggunakan daun dari aneka tumbuhan sebagai sarana permainannya. Sepertinya permainan ini dulu tercipta untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan perkebunan yang memang ditumbuhi dengan subur aneka jenis tumbuhan. Permainan ini dilakukan pada siang atau sore hari dan harus beramai-ramai lebih dari 10 orang. Kalau jumlah pemainnya kurang dari 10 orang akan terasa kurang seru. Misalnya 10 orang, dari 10 orang ini 1 orang harus menjadi “pesakitan” atau “terdakwa” yang harus mengejar 9 orang lainnya.

Biasanya memainkan di halaman sekolah atau di rumah-rumah penduduk yang mempunyai halaman cukup luas, dengan menggunakan cagak atau tiang rumah atau tiang bendera di halaman sekolah untuk dijadikan basisnya (pegangan utama). Untuk mengawali permainan harus ditentukan dulu siapa yang dadi atau menjadi “terdakwa”-nya atau menjadi kucingnya terlebih dahulu. Biasanya kami menentukan atau mengundi dengan cara hom pim pah (menggunakan telapak tangan) dan suitan (menggunakan jari). Setelah ada terdakwa atau yang menjadi kucing, baru permainan bisa dimulai. Awalnya, 9 pemain mengambil posisi pegangan pada tiang yang dijadikan basisnya. Kemudian 1 pemain yang menjadi kucing berada pada posisi berhadapan sekitar 4-5 meter dengan 9 pemain lainnya.

Setelah itu sang kucing harus menyebut salah satu jenis daun yang ada di sekitar permainan yang harus dipegang oleh 9 pemain lainnya. Setelah memegang jenis daun itu 9 pemain harus kembali lagi menuju tiang yang menjadi pegangan awal.

Source https://budaya-indonesia.org/Godong-godongan/ https://budaya-indonesia.org/Godong-godongan/
Comments
Loading...