Gobak Sodor, Permainan Tradisional Jawa Timur

0 274

Gobak Sodor

Permainan tradisional Gobak Sodor sudah lama ada dan populer nya permainan ini di kalangan anak-anak hingga remaja pada saat itu menjadikan permainan ini terkenal pada masanya.

Dari berbagai sumber mengatakan permainan Gobak Sodor ini berasal dari Jawa tetapi tidak bisa di pungkiri juga bahwa permainan ini dimainkan oleh hampir seluruh anak Indonesia. Gobak Sodor hingga kini masih menjadi permainan yang sangat terkenal.

Cara Bermain Gobak Sodor

Cara melakukan permainan Gobak Sodor ini yaitu:
1.Yang pertama. Membuat garis-garis penjagaan dengan kapur seperti lapangan bulu tangkis, bedanya tidak ada garis yang rangkap.

2.Kedua. Membagi pemain menjadi dua tim, satu tim terdiri dari 3 – 5 atau dapat disesuaikan dengan jumlah peserta. Satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim yang lain akan menjadi tim “lawan”.

3.Ketiga. Anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan , caranya yang dijaga adalah garis horizontal dan ada juga yang menjaga garis batas vertikal. Untuk penjaga garis horizontal tugasnya adalah berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas.

4.Keempat. Untuk seorang yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal maka tugasnya adalah menjaga keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan

5.Yang terakhir. Sedangkan tim yang menjadi “lawan”, harus berusaha melewati baris ke baris hingga baris paling belakang, kemudian kembali lagi melewati penjagaan lawan hingga sampai ke baris awal.

Source Gobak Sodor Permainan Tradisional Jawa Timur azzamaviero cara bermain gobak sodor
Comments
Loading...