Gesrek, Kesenian Unik Khas Garut Yang Mirip Debus

0 143
Seni Gesrek disebut juga Seni Bubuang Pati (menarohkan nyawa). Bila dikaji secara teliti, Seni Gasrek dapat dikatakan juga bersifat religius, dengan ilmu-ilmu dan mantra-mantra yang berasal dari ayat Al-Qur’an kita bisa tahan pukulan, tidak mempan senjata tajam atau tidak mempan dibakar.
Pertunjukan Seni Gasrek

Seni Gesrek ini dilakukan dengan memperkuat fisik, mental, dan spiritual pemain hingga tubuhnya tahan terhadap sayatan benda tajam, pukulan, hingga luka bakar. Hal ini karena para pemainnya memang harus memiliki keberanian tinggi untuk mempertaruhkan nyawanya dengan melukai dirinya sendiri.

Kesenian Gesrek ini dimainkan sekitar 10 orang dan didukung oleh 4-7 orang yang bertugas untuk menyediakan alat dan menjaga keamanan selama atraksi ini berlangsung. Setelah melakukan berbagai ritual untuk mendoakan keselamatan para pemain, atraksi langsung dimulai dengan masuknya arwah leluhur ke tubuh para pemain. Kemudian para pemain dengan lincah mulai mencoba melukai tubuhnya masing-masing dengan berbagai alat yang disediakan, seperti parang, golok, bambu runcing, dan benda tajam lainnya, bahkan panas api dari obor juga digunakan.

Selain melatih fisik dan mental, para pemain Gesrek ini melakukan pemulihan keutuhan ilmu spiritual yang disebut Ngabungbang, yaitu dengan melakukan mandi suci tujuh muara sembari dibacakan doa-doa oleh gurunya pada tanggal 14 Mulud. Doa ini ternyata masih berasal dari kitab suci Al-Qur’an, yang isinya meminta keselamatan.

Asal Usul Kesenian Gesrek

Tidak jelas benar bagaimana asal usul kesenian ini sehingga dimanakan kesenian gesrek. Kata ‘gesrek’ kemungkinan besar di ambil dari atraksi atraksi yang di mainkan. ‘Gesrek’ atau ‘Pagesrek’ salam bahasa sunda berarti menunjukan dua benda keras yang saling bergesekan. Ketika mempertontonkan kesaktiannya, para pemain memang sengaja menggesek-gesekan berbagai benda keras dan tajam seperti golok atau senjata lainnya pada tubuh mereka. Karena tubuh mereka kebal, maka benda-benda tajam tidak bisa melukai tubuh itu, hanya ‘pagesrek’.

Kesenian gesrek biasanya ditampilkan dalam acara agustusan atau  di undang untuk memeriahkan berbagai hajatan hingga saat ini ada beberapa grup kesenian dan sangat berpotensi untuk di jadikan wisata budaya. Karena kemajuan zaman yang semakin modern akibatnya kurang minatnya generasi muda terhadap kesenian yang menguji mental ini, padahal kesenian yang berasal dari garut ini cukup terkesan unik.

Source Gesrek, Kesenian Unik Khas Garut Yang Mirip Debus Gesrek, Kesenian Unik Khas Garut Yang Mirip Debus Gesrek, Kesenian Unik Khas Garut Yang Mirip Debus
Comments
Loading...