Gerakan Tari Beksan Srikandi Suradewati

0 121

Gerakan Tari Beksan Srikandi Suradewati

Seni tari Beksan Srikandi Suradewati merupakan sebuah seni tari klasik yang asli berasal dari Keraton Kasultanan Yogyakarta. Tarian ini selalu dibawakan secara berpasangan dengan alur cerita yang diambil dari kisah Mahabharata, terutama yang berhubungan dengan peperangan yang terjadi antara tokoh Srikandi dan tokoh Suradewati.

Gerakan tarian

Semua gerakan dalam seni tari Beksan Srikandi Suradewati, semuanya mengacu kepada gaya gerakan tari tradisional khas Yogyakarta. Tarian ini terbagi dalam tiga bagian atau tiga babak. Dalam babak pertama, berupa gelaran sembahan. Setelah itu dilanjutkan dengan babak kedua yang dinamakan ulap-ulap, lalu disusul tancep beserta dialog.

Berikutnya adalah inti tarian atau beksan yang disebut sebagai enjerah. Selanjutnya tarian ini diakhiri dengan yang namanya mundur gendhing. Pada saat itu penari akan berjalan mundur secara perlahan dan meninggalkan panggung pertunjukan.

Pada setiap babak tarian, semua gerakannya juga terbagi jadi dua. Masing-masing gerakan ini selalu merujuk pada tokoh penarinya. Untuk penari yang berperan sebagai Suradewati, setiap gerakannya dinamakan Pucang Kanginan. Sedangkan pada penari yang memerankan Srikandi disebut gerakan Srikandi Gordo.

Source http://hotelthecube.com/ http://hotelthecube.com/tari-beksan-srikandi-suradewati-yogyakarta-dengan-keanggunan-yang-selalu-lestari/
Comments
Loading...