Gerak Tari Muang Sangkal Tarian Daerah Sumenep Madura

0 99

Gerak Tari Muang Sangkal Tarian Daerah Sumenep Madura

Tari Muang Sangkal diciptakan oleh seorang seniman Sumenep pada tahun 1972, beliau bernama Taufikurrachman. Ia menciptakan tarian ini salah satunya dilatarbelakangi oleh kepedulian para seniman dalam menerjemahkan alam madura yang sarat akan karya dan keunikan. Disamping itu juga untuk mengangkat sejarah kehidupan karaton Sumenep pada masa lalu.

Gerak Tari

Pada awalnya gerakan tari ini agak keras dan diiringi dengan gamelan dengan gending sampak lalu mengalir pada gending  oramba’-orambe  yang mengisyaratkan para putri keraton menuju ke taman sare. Dan kemudian gerakannya tambah halus, gerakan yang halus, mengisyaratkan para putri sedang berjalan di Mandiyoso (koridor keraton dalem menuju Pendopo Agung Keraton Sumenep).

Saat tarian berlangsung, para penari memegang sebuah cemong (mangkok kuningan) berisikan aneka macam kembang. Penari berjalan beriringan dengan gerakan tangan sambil menabur bunga yang ada dalam cemong dengan diiringi musik gamelan khas kraton.

Source http://dunia-kesenian.blogspot.com/ http://dunia-kesenian.blogspot.com/2014/08/tari-muang-sangkal-daerah-sumenep.html
Comments
Loading...