Genye, Kesenian Purwakarta Yang Syarat Makna

0 111

Genye adalah kependekan dari Gerakan Nyere. Tarian ini mengusung konsep tradisional. Sesuai dengan namanya, tarian ini menggunakan boneka yang dijadikan orang-orangan (bebegig). Bebegig dibuat dengan nyere, atau sapu lidi. Selain sapu lidi, ada juga ijuk, ayakan, dan bahan-bahan tradisional lain yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Boneka yang digunakan amat mirip dengan manusia sungguhan. Tidak hanya menghadirkan orang-orangan, seni Genye juga menghadirkan tari dan seni musik.

Dalam karnaval tersebut, bebegig akan diarak dengan disertai pertujukan seni tari dan seni musik. Seni tari yang ditampilkan dalam pertunjukan Genye adalah tari kontemporer. Tidak hanya gerakannya, jumlah penari dalam pertunjukan seni Genye juga tidak tetap, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Para penari ini akan menggunakan kostum tradisional dan juga membawa sapu lidi. Selain tarian, ada juga seni musik perkusi. Alat-alat musik yang digunakan biasanya adalah bedug, terompet, genjring, dog dog, gong, dan timbalis. Selain penari, pertunjukan ini juga dimeriahkan oleh penyanyi atau sinden yang menyanyi lagu Sunda.

Satu hal yang menarik lagi dalam seni pertunjukan Genye adalah adanya manusia tanah yang umumnya diperankan oleh anak–anak yang bermandikan lumpur. Adanya manusia tanah ini bermaksud untuk memperkenalkan Purwakarta, terutama daerah Plered sebagai sentra penghasil keramik.

Makna Kesenian Genye

Kesenian ini mempunyai makna filosofis serta pesan moral yaitu kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Ide munculnya seni Genye bahkan sebenarnya terinspirasi dari pedagang sapu lidi (nyere).

Sapu lidi (nyere) memang merupakan alat untuk membersihkan lingkungan. Bahkan dalam makna yang lebih luas nyere ini menyiratkan pembersihan diri dari segala sikap buruk manusia. Lewat pertunjukan ini diharapkan kita sebagai manusia bisa mengenal lingkungan untuk bersikap menjaga kebersihan baik itu kebersihan alam serta diri pribadi.

Source Genye, Kesenian Purwakarta Yang Syarat Makna Genye, Kesenian Purwakarta Yang Syarat Makna
Comments
Loading...