Genrang Sanro, Ritual Budaya Yang Hampir Punah

0 214

Genrang Sanro, Ritual Budaya Yang Hampir Punah

Ritual tradisi memiliki nilai yang luhur untuk diteruskan dari generasi ke generasi. Sayangnya, gempuran budaya asing membuat ritual ini dilupakan. Tak jarang, anak muda zaman sekarang tidak tahu dengan ritual tradisi sendiri.

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu ritual dari Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, yaitu Genrang Sanro.

Ritual genrang sanro berasal dari kata “genrang” yang artinya musik dan “sanro” yang artinya tabib dalam bahasa Bugis, adalah ritual pengobatan yang dilakukan dengan cara unik, yaitu dengan menggunakan sarana musik tradisional seraya berdoa mengharap kesembuhan. Ritual genrang sanro diadakan untuk mengobati penyakit dalam seperti tipes, cacar, maupun orang yang terkena guna guna atau santet.

Dalam melakukan ritual ini seluruh sanro atau tabib yang memainkan musik tradisional haruslah perempuan yang merupakan garis keturunan secara turun menurun. Prosesi ritual ini dilakukan dengan permainan musik ansambel perkusi dengan pola ritme yang telah ada dan tidak dalam durasi waktu yang ditentukan. Genrang atau alat musik terus dimainkan sampai diyakini menghadirkan kekuatan magis dan sakral.

Saat ini ritual pengobatan musik itu sudah nyaris punah, padahal ritual ini layak dipandang sebagai aset budaya bangsa. Mungkin memang sudah terjadi pergeseran budya, sehingga ritual ini mulai jarang dilakukan. Ada pula sekelompok masyarakat  yang memandang ritual ini tidak masuk akal karena tidak berdasar pada kaidah-kaidah empiris.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Genrang-Sanro-Ritual-Budaya-yang-Hampir-Punah/
Comments
Loading...