budayajawa.id

Sejarah Gelindingan: Permainan Tradisional dari Betawi

0 11

Memanfaatkan bahan yang tersedia di alam untuk membuat sebuah permaianan. Hal krealtif  itulah yang dilakukan anak-anak Betawi pada masa dulu ketika mereka ingin bermain gelindingan, mereka akan memanfaatkan kulit jeruk untuk membuat mobil-mobilan.Dengan permainan yang seadanya, anak-anak tersebut sudah bisa bermain ceria bersama teman-temannya.

Namun, seiring  perkembangan jaman, tidak ada lagi lahan terbuka untuk tempat anak-anak bermain gelindingan dan bahkan  permainan ini mulai tergusur dan tergantikan dengan keberadaan permainan modern seperti mobil-mobilan yang menggunakan remote control.

Gelindingan berasal dari kata ”gelinding” yang artinya mengacu kepada benda-benda yang berbentuk silindris atau lingkaran. Benda benda tersebut difungsikan seperti mainan roda yang bisa digelindingkan. Tidak ada informasi yang  jelas mengenai kapan permainan ini muncul, di mana, dan siapa yang memperkenalkannya. Intinya, permainan ini sudah ada sejak jaman Belanda dan sempat menghilang ketika jaman Jepang.

Source http://beautiful-indonesia.umm.ac.id/id/foto/jelajah-daerah/jakarta/gelindingan.html http://beautiful-indonesia.umm.ac.id
Comments
Loading...