Gelar Haji di Madura

0 52

Gelar Haji di Madura

Gelar, banyak dari kita yang mengejar-ngejar gelar pendidikan yang tinggi. Dari mulai gelar lulus S1, hingga bergelar profesor. Tapi tahukah anda? di Madura, gelar yang paling berharga di antara masyarakat bukanlah gelar sarjana atau pendidikan lainnya, namun sesuai judul artikel ini, gelar yang paling dihargai di Madura ialah gelar Haji, yang biasa diletakkan di awal nama dengan singkatan “H.” untuk lelaki dan “Hj.” untuk wanita yang sudah melaksanakan haji.

Artikel ini didasarkan kepada pengalaman keluarga besar dari Ibu saya, yang mayoritas telah tinggal di Madura selama bertahun-tahun. Saat masa kecil mereka di Madura, orang-orang yang telah berhaji di sekitar lingkungannya merupakan orang yang sangat dihargai di sana. Bahkan masyarakat di sana tidak ingin memiliki pemimpin kecuali mereka sudah berhaji. Dari mulai pemilihan walikota, hingga ketua RT sekalipun. Sehingga tidak heran, masyarakat di MAdura berlomba-lomba untuk melaksanakan Haji, bahkan ada yang sudah mendaftarkan anaknya ketika baru lahir, karena antrian Haji yang ktia semua ketahui harus menunggu selama bertahun-tahun.

Kebiasaaan ini berbekas di keluarga besar saya, sehingga bisa dibilang ini termasuk budaya yang hanya segelintir dari kita mengetahuinya di daerah Madura. Bahkan di pasar-pasar Madura, ketika para penjual sedang melakukan tawar-menawar dengan pembeli, lalu pembeli menawar harga dengan harga yang sangat rendah, maka penjual sudah biasa mengatakan (yang artinya) “Bu, tawarnya jangan kemurahan dong, memangnya Ibu mau nabung buat haji?”.

Walaupun singkat, semoga artikel di atas memberikan kita pengetahuan baru tentang luasnya budaya kita di Indonesia. Saya selaku warga negara Indonesia, dengan bangga bisa menceritakan salah satu Budaya di Madura ini dengan anda. Mohon maaf apabila ada kesalahan, saya siap bertanggung jawab apabila ada kesalahan pada artikel ini. Sekian, salam.

Source https://budaya-indonesia.org Gelar, banyak dari kita yang mengejar-ngejar gelar pendidikan yang tinggi. Dari mulai gelar lulus S1, hingga bergelar profesor.
Comments
Loading...