Gejlok Lesung Yogyakarta

0 75

Gejlok Lesung Yogyakarta

Ketika traveler sedang berlibur di Kabupaten Bantul Yogyakarta dan kebetulan masuk daerah perkampungan, mungkin akan mendengar alunan suara yang merdu serta bunyi silih berganti. Suara tersebut berasal dari para perempuan yang memukul-mukul lesung padi yang tak berisi menggunakan kayu panjang. Kebanyakan perempuan yang melakukan seni Gejlok Lesung ini sudah berusia lanjut.

Kesenian khas Yogyakarta

Gejlok Lesung, dulunya kegiatan Gejlok Lesung bukan menjadi sebuah kesenian tetapi cara yang digunakan petani untuk memisahkan bulir padi dari kulit. Padi yang sudah kering akan dimasukkan dalam lesung, kemudian ditumbuk dengan teratur sehingga dapat menghasilkan sebuah irama suara yang merdu.

Sejalan dengan perkembangan zaman, tradisi memisah bulir padi dari kulitnya dengan lesung ini mulai ditinggalkan. Penyebabnya karena saat ini sudah ditemukan teknologi modern untuk memisah bulir-bulir padi tersebut. Tapi hal tersebut tak mengikis tradisi lesung karena hingga sekarang traveler bisa melihat dan menikmati alunan musik Gejlok Lesung.

Suara merdu dari lesung

Tradisi Gejlok Lesung sekarang dilestarikan dan dipadukan dengan berbagai macam kesenian tradisional. Suara harmonis yang dihasilkan dari pukulan lesung, inilah letak seninya berada. Bahkan, sekarang ini tradisi Gejlok Lesung sering dipadukan dengan alat musik modern serta gamelan sebagai pengiring nyanyian tradisional.

Gejlok Lesung adalah tradisi yang menjelma menjadi sebuah kesenian karena perkembangan zaman. Kesenian Gejlok Lesung biasanya dimainkan oleh 12 pemain yang semuanya adalah permpuan. 5 hingga 6 pemain bertugas sebagai penabuh lesung, sisanya akan menari sembari menyanyi sembari membawa tampah berisi buliran padi kuning.

Source http://hotelthecube.com/ http://hotelthecube.com/gejlok-lesung-yogyakarta-seni-musik-tradisional-unik-berbasis-kerakyatan/
Comments
Loading...