Gedrik / Ingklik, Permainan Tradisional Kudus

0 14

Gedrik / Ingklik, Permainan Tradisional Kudus

“Gedrik” atau “Ingklik”. Begitulah permainan ini disebut. Permainan ini harus dimainkan dengan sebelah kaki. Biasa dimainkan oleh 2 orang atau lebih.

“Gacuk,” adalah sebutan senjata yang harus di edarkan dari A ke D. Setiap orang memiliki gilirannya masing-masing. Selama tidak melanggar peraturan orang tersebut akan terus bermain. Peraturannya : tidak menginjak garis, tetap bermain dengan satu kaki, dan ketika melempar “gacuk” ke masing-masing kotak, tidak keluar dari kotak atau menyentuh garis di kotak tersebut. Jadi harus tepat didalam kotak. Setelah sukses mengedarkan “gacuk” dari A ke D, maka orang tersebut mendapat jackpot atau dalam permainan ini disebutnya sawah. Orang tersebut melemparkan “gacuk” nya dan jatuh ke sebuah kotak, maka kotak tersebut menjadi “sawah” miliknya. Orang lain tidak boleh menginjak “sawah” tersebut dalam giliran selanjutnya.

Ada beberapa metode melemparkan “gacuk”. Pertama, pemain harus menghadap berlawanan arah dengan gambar “gedrik” dan melemparkan “gacuk” melewati atas kepalanya, atau melempar secara wajar. Jika “gacuk” keluar dari kotak, tergantung kesepakatan sebelumnya apakah ingin diulang hingga pemain tersebut mendapat “sawah” atau gagal.

Source https://budaya-indonesia.org/Gedrik-Ingklik/ https://budaya-indonesia.org/Gedrik-Ingklik/
Comments
Loading...