Ganjilan, Permainan Tradisional Jawa Tengah

0 75

Ganjilan, Permainan Tradisional Jawa Tengah

Ganjilan merupakan permainan tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Alat yang dibutuhkan untuk memainkan permainan ini sangat sederhana. Pemain hanya membutuhkan karet gelang dan benda yang dapat dijadikan target untuk melempar karet gelang, seperti botol atau batang kayu/paku yang menempel di dinding.

Cara memainkannya, pertama-tama, semua pemain harus membawa karet gelang dalam jumlah yang sama. Semua karet gelang tersebut kemudian disatukan. Lalu para pemain harus menentukan giliran main dengan cara hompimpa. Setelah itu, para pemain secara bergiliran melemparkan kumpulan karet gelang ke arah target hingga menyangkut. Pemain harus berada pada jarak sekitar 1 meter dari target.

Ada dua versi tentang cara memenangkan permainan ini. Pertama, pemain dapat memenangkan permainan jika jumlah karet gelang yang menyangkut pada target berjumlah ganjil. Jika karet gelang berjumlah genap, maka pemain tersebut kalah dan pemain lain mendapat giliran untuk bermain. Sedangkan pada versi yang kedua, pemain yang menang adalah pemain yang dapat menyangkutkan karet gelang pada target dengan jumlah terbanyak.

Source https://budaya-indonesia.org/Ganjilan/ https://budaya-indonesia.org/Ganjilan/
Comments
Loading...