budayajawa.id

Gangsing Angonan, Permainan Tradisional dari Betawi

0 16

Permainan gangsing adalah salah satu permainan tradisional masyarakat Betawi yang merupakan penduduk asli di Propinsi DKI Jakarta. Permainan ini ada juga yang menyebutnya Tangkalan. Gangsing biasanya terbuat dari pohon kayu asam, kayu jambu batu, kayu sawo, kayu mahoni, kayu pete, kayu  nangka dan kayu waru kayu.

Arena permainan gangsing adalah di tanah keras dan padat. Dengan ukuran diameter ½ s/d 1 meter berbentuk  lingkaran. Dalam permainan gangsing angonan ini, setiap peserta yang gangsingnya berputar dan berhenti di dalam lingkaran atau paling dekat dengan ingkaran, anak tersebut dinyatakan kalah. Anak-anak yang lain berusaha untuk memukul gangsing anak yang dinyatakan kalah tadi dengan gangsingnya.

 

Dan berusaha untuk menjauhkan gangsing yang kalah tadi dari lingkaran secara  bergilir. Dan yang mempunyai gangsingpun harus pula berusaha untuk memasukkan gangsingnya ke dalam lingkaran. Dan seandainya anak yang  kalah tadi berhasil memasukkan  gangsingnya ke dalam lingkaran, permainan diulang dari mula. Di sini setiap anak harus membawa gangsing lebih dari satu. Yang satu untuk dipasang dalam lingkaran, gangsing yang lainnya  sebagai Gacoannya, dan harus ada persediaan gangsing kalau- kalau gangsingnya rusak.

Source https://gasingindonesia.wordpress.com/2009/02/23/gasing-dki-jakarta-panggal/ gasingindonesia.wordpress.com
Comments
Loading...