budayajawa.id

Gangsing Ambilan: Permainan Tradisional Betawi

0 7

Permainan gangsing adalah salah satu permainan tradisional masyarakat Betawi yang merupakan penduduk asli di Propinsi DKI Jakarta. Permainan ini ada juga yang menyebutnya Tangkalan. Gangsing biasanya terbuat dari pohon kayu asam, kayu jambu batu, kayu sawo, kayu mahoni, kayu pete, kayu  nangka dan kayu waru kayu.

Jumlah anak yang  bermain ini biasanya 5 – 10 orang pemain atau lebih, semakin banyak yang bermain akan semakin menarik pula permainan ini. Arena permainan gangsing adalah di tanah keras dan padat. Dengan ukuran diameter  ½  s/d  1 meter berbentuk  lingkaran.

Main gangsing dengan ambilan ini lain dari permainan gangsing yang telah diuraikan di atas. Dalam permainan ini setiap peserta memasang gangsing satu buah dalam lingkaran (sama seperti angonan dan cocokan). Setelah diadakan undian, peserta yang berhak berjalan terlebih dahulu memperagakan gangsingnya dengan cara memukul gangsingya ke tumpukan gangsingan di dalam lingkaran. Setiap  gangsing yang keluar dari lingkaran adalah milik orang yang memukul tadi. Setiap peserta hanya boleh memukul gangsingnya satu kali saja dalam satu putaran.

Source https://gasingindonesia.wordpress.com/2009/02/23/gasing-dki-jakarta-panggal/ gasingindonesia.wordpress.com
Comments
Loading...