“Gamelan Ajeng” Kesenian Betawi Perpaduan Sunda

0 147
Perkembangan Gamelan Ajeng

Gamelan Ajeng merupakan musik folklorik Betawi yang mendapat pengaruh dari musik Sunda. Beberapa daerah di Pasundan terdapat pula gamelan ajeng. Seperti di Kecamatan Kawali, Ciamis, Jawa Barat. Meskipun begitu perkembangan kemudian membedakan Gamelan Ajeng di Betawi dan gamelan serupa di Pasundan. Gamelan ajeng Gandaria pimpinan Radi Suardi misalnya memainkan lagu-lagu seperti Carabali, Timblang, Gagambangan, Matraman, Banjaran, Jiro, lagu-lagu yang tidak ada di gamelan ajeng di Pasundan. Sementara lagu-lagu yang terdapat dalam Gamelan Ajeng Sumedang adalah Papalayon, Engko, Titipati, Bayeman, Papalayon Buyut, dan Bondol Hejo.

Susunan Alat

Alat musik gamelan ajeng terdiri dari kromong sepuluh pencin, terompet, gendang (dua gendang besar, dua kulanter), dua saron, bende, cemes (semacam cecempres), kecrek. Kadang-kadang ada juga yang menggunakan dua gong: gong laki dan gong perempuan. Gamelan ajeng biasa dipertunjukkan untuk memeriahkan hajatan seperti, khitanan atau perkawinan. Tarian ini tidak bisa digunakan untuk mengiringi tarian. Tetapi seiiring perkembangan zaman digunakan untuk mengiringi tarian yang disebut “Belenggo Ajeng”. Bahkan saat ini, untuk memuaskan penontonnya, Gamelan Ajeng juga memainkan lagu-lagu Sunda pop dan mengiringi tari Jaipong. Pada pemahaman yang lain, Gamelan Ajeng adalah musik yang lebih mengarah ke spiritual. Unsur hiburannya sangat sedikit atau dapat dikatakan hapir tidak ada. Para pemain Gamelan Ajeng disebut Nayaga. Musik ini digelar pada upacara-upacara spiritual seperti satu suara, nyadran (pengorbanan) dan selalu mengiringi wayang ruawatan. Pakaian yang digunakan oleh para pemain Gamelan Ajeng juga ditentukan, yaitu khusus Pakaian Betawi.

Perkembangan

Di samping di Gandaria, gamelan ajeng juga berkembang di pinggiran Jakarta lainnya, seperti di Kelapa Dua Wetan dipimpin oleh Oking alias Peking, di Cireundeu dipimpin oleh Neran, di Pakopen Tambun dipimpin Sarah, dan di Karanggan Pondok Gede dipimpin oleh Saad.

Source "Gamelan Ajeng" Kesenian Betawi Perpaduan Sunda "Gamelan Ajeng" Kesenian Betawi Perpaduan Sunda "Gamelan Ajeng" Kesenian Betawi Perpaduan Sunda

Leave A Reply

Your email address will not be published.