Gambul, Permainan Bekel Dari Tanah Jawa

0 222

Gambul, Permainan Bekel Dari Tanah Jawa

Gambul adalah salah satu permainan tradisional populer di kalangan anak-anak Jawa pada tahun 90-an. Permainan ini merupakan permainan yang cukup sederhana dan tidak membutuhkan terlalu banyak alat permainan.

Di Jawa Barat, gambul hampir serupa dengan bekel. Namun, jika bekel menggunakan biji besi dengan bentuk khusus, maka gambul hanya menggunakan kerikil-kerikil kecil dan bola karet. Gambul bisa dikatakan sebagai versi sederhana dari bekel

Cara bermainnya cukup mudah. Bisa dimainkan sendiri, dua orang, maupun lebih dari itu. Caranya adalah, sebarkan batu kerikil di depan pemain. Lalu, pantulkan bola karet. Ketika bola melambung, maka pemain harus memungut kerikil-kerikil yang disebar sebanyak mungkin. Pemain akan dihitung kalah jika bola karet tidak tertangkap kembali oleh tangan pemain. Lalu, pemain akan bergiliran dengan pemain lainnya.

Permainan ini sangat sederhana. Tapi permainan ini cocok untuk melatih kesabaran anak-anak sambil mengisi waktu luang. Terkadang, permainan ini diiringi oleh gelak tawa dan bisa mengeratkan hubungan antar pemain.

Source https://budaya-indonesia.org/Gambul-Permainan-Bekel-dari-Tanah-Jawa/ https://budaya-indonesia.org/Gambul-Permainan-Bekel-dari-Tanah-Jawa/
Comments
Loading...