Wayang di Tanah Jawa

0 493

Wayang adalah seni dekoratif yang merupakan ekspresi kebudayaan nasional. Disamping merupakan ekspresi kebudayaan nasional juga merupakan media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang merupakan media pendidikan, karena ditinjau dari segi isinya, banyak memberikan ajaran-ajaran kepada manusia. Wayang adalah salah satu kesenian bangsa dan merupakan budaya yang paling menonjol di Indonesia diantara banyak budaya lainnya. Budaya wayang meliputi akting, menyanyi, musik, seni pidato, seni sastra, lukisan, patung, dan simbol-simbol.

Budaya Wayang, yang terus berkembang dari waktu ke waktu, juga merupakan media penerangan, propaganda, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, dan hiburan. Menurut penelitian ahli sejarah kebudayaan, budaya wayang budaya asli Indonesia, khususnya di Jawa. Keberadaan wayang sudah berabad-abad sebelum Hindu masuk ke pulau Jawa.

Meskipun cerita Wayang populer di masyarakat saat ini merupakan adaptasi dari karya sastra India, Ramayana dan Mahabharata. Kedua cerita utama dalam pewayangan yang mengalami banyak perubahan dan penambahan untuk menyesuaikannya dengan falsafah asli Indonesia.

Wayang menjadi media informasi, karena dari segi penampilannya, sangat komunikatif didalam masyarakat. Dapat dipakai untuk memahami sesuatu tradisi, dapat dipakau sebagai alat untuk mengadakan pendekatan kepada masyarakat, memberikan informasi mengenai masalah-masalah kehidupan dan segala seluk-beluknya.

 

Source Budaya Jawa sarwa sarwi budaya jawa

Leave A Reply

Your email address will not be published.