Fungsi Reog Sunda, Kesenian Tradisional Dari Jawa Barat

0 308

Fungsi Reog Sunda, Kesenian Tradisional Dari Jawa Barat

Reog Sunda adalah salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Reog Sunda merupakan kesenian perpaduan antara seni tari, lawak, lagu, dan cerita yang berisikan kritik sosial dan juga pesan keagamaan tanpa adanya unsur magis.

Reog Sunda tidaklah sama dengan Reog di Ponorogo yang memakai Barongan. Reog ala Sunda hanya menggunakan alat musik sebagai medium berkeseniannya. Kesenian ini pada umumnya ditampilkan dengan Bodoran (lawakan), serta diiringi dengan musik tradisional yang disebut Calung.

Kesenian ini biasanya dimainkan oleh beberapa orang yang mempunyai bakat melawak dan berbakat seni. Kesenian ini ditampilkan dengan membawakan sebuah alur cerita yang kebanyakan cerita yang dibawakan adalah cerita lucu atau lelucon. Bukan hanya sebagai lelucon saja reog sunda ini tetapi sebelum mengarah ke lelucon atau hiburan reog sunda ini juga memiliki fungsi atau tujuan.

Awal mula fungsi dari kesenian Reog Sunda ini adalah untuk media dakwah atau media penerangan yang menonjolkan nilai sosial dan juga pendidikan yang budi pekerti, namun perlahan-lahan kesenian Reog Sunda bertambah fungsinya yaitu untuk media hiburan.

Source https://www.kamerabudaya.com/ https://www.kamerabudaya.com/2017/11/reog-sunda-kesenian-tradisional-dari-jawa-barat.html
Comments
Loading...