Fungsi Kesenian Tradisional Goong Renteng

0 553

Fungsi Kesenian Tradisional Goong Renteng

Goong renteng pada mulanya hanya sekedar untuk mengisi waktu disaat luang. Jadi, hanya merupakan klangenan (hiburan) semata untuk mengalihkan perhatian dari rutinitas kesehariannya sebagai petani. Lama-lama kesenian ini menjadi pengiring dalam upacara tutup tahun (akhir panen). Seperangkat alat musiknya pun menjadi berbau magis. Hal itu tercermin dari adanya upacara suci yang disebut “dimuludken”. Tujuan upacara ini disamping agar peralatan musik tetap bersih (terpelihara dengan baik), juga sebagai upacara untuk mengenang para leluhur.

Dengan tampilnya dalam setiap upacara tutup tahun, maka kesenian ini dikenal banyak orang. Dan, karena banyak yang mengenalnya, maka akhirnya ia tidak hanya dipentaskan pada upacara tutup tahun saja, tetapi pada khajatan seseorang (khitanan dan perkawinan) dan hari-hari besar nasional, khususnya hari kemerdekaan Republik Indonesia (17-Agustusan).

Fungsi kesenian tradisional goong renteng yang pada mulanya hanya sekedar sebagai hiburan dalam perkembangan tidak lagi hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai suatu ungkapan terima kasih, baik kepada Yang Maha Kuasa maupun para pendahulunya. Lepas dari berbagai fungsi itu, sesungguhnya kesenian yang ditumbuh-kembangkan oleh suatu masyarakat sekaligus berfungsi sebagai identitas masyarakat yang bersangkutan. Ini bermakna bahwa kesenian tradisional goong renteng merupakan salah satu unsur jatidiri masyarakat Kampung Rawa Salak, Desa Purabaya, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur.

Source http://uun-halimah.blogspot.co.id/ http://uun-halimah.blogspot.co.id/2008/05/goong-renteng-cianjur.html
Comments
Loading...