Fungsi dan Makna Tari Ronggeng Gunung

0 1.202

Fungsi dan Makna Tari Ronggeng Gunung

Mendengar kata ronggeng, mungkin sebagian masyarakat Indonesia sudah bisa menggambarkannya yaitu sekumpulan penari wanita yang menari diiringi tetabuhan khas Jawa Barat. Kesenian ini memang sangat populer di sekitar Provinsi Jawa Barat, namun di beberapa Kabupaten memiliki beberapa nama yang berbeda. Ronggeng Gunung adalah sebuah tarian yang berasal dari Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. Ada sebuah legenda yang menceritakan mengenai asal usul  Kesenian ronggeng gunung ini yang lahir dari rasa ingin balas dendam dari seorang putri dari keraton Galu Pakuan Pajajaran bernama Dewi Siti Semboja.Disisi lainnya dalam mitologi Sunda, Dewi Samboja atau Dewi Rengganis hampir sama dengan Nyai Pohaci Sanghyang Asri yang selalu dikaitkan dengan kegiatan bertani dan kesuburan.

Fungsi dari tari ronggeng berfungsi sebagai tari hiburan masyarakat di Jawa Barat, khususnya daerah Ciamis dan Pangandaran sebagai tempat asal usul terlahirnya kesenian rakyat ini. Tari ronggeng gunung biasanya digelar di halaman rumah pada saat ada acara perkawinan, khitanan atau bahkan di huma (ladang), misalnya ketika dibutuhkan untuk upacara membajak atau menanam padi ladang. Durasi sebuah pementasan Ronggeng Gunung biasanya memakan waktu cukup lama, kadang-kadang baru selesai menjelang subuh.

Dalam perkembangannya tari ronggeng gunung dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu sebagai tari hiburan dan tari ronggeng gunung untuk acara adat. Pada acara Ronggeng Gunung sebagai tarian hiburan biasanya lebih fleksibel tanpa adanya pakem tertentu. Sebaliknya untuk acara adat, tari ronggeng gunung ini dikenai pakem-pakem tertentu seperti urutan lagu yang dibawakan.

Source https://www.tradisikita.my.id/ https://www.tradisikita.my.id/2017/05/tari-ronggeng-gunung-seni-karuhun.html
Comments
Loading...