Fungsi Alat Musik Tradisional Kendang (Gendang)

0 450

Fungsi Alat Musik Tradisional Kendang (Gendang)

Alat musik Kendang pada awal mulanya ditemukan oleh manusia di peradaban awal yang memiliki kebiasaan memukul-mukul benda sekitarnya untuk mengekspresikan kegembiraan, yang ditandai dengan ditemukan kendang/drum tertua dari masa neolitikum. Alat musik kendang merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dengan kedua telapak tangan, dan diredam oleh telapak kaki kiri pemainnya. Ditempatkan di depan pemain secara horizontal. Biasanya pemain kendang Sunda memainkan dua kendang yaitu kendang dan kulanter (kendang kecil).

Fungsi kendang dalam suatu lagu yang dimainkan memiliki hal terpenting yaitu mengendalikan tempo dan irama setiap gending, baik tempo pokok maupun irama cepat ataupun lambat dan tangkap, diatur dengan bunyi kendang termasuk didalamnya mengawali dan mengakhiri gendingan.

Fungsi kendang didalam karawitan sunda sedikitnya ada 5 kategori yaitu :

  1. Anggeran wiletan yaitu penjaga irama.
  2. Anceran wiletan yaitu pemberi irama baik pada awal lagu maupun pertengahan lagu sesuai kebutuhan.
  3. Amardawalagu yaitu sebagai melodi lagu.
  4. Arkuh lagu yaitu kerangka lagu.
  5. Adumanis lagu yaitu pendukung ritmis pada wadrita-wadrita lain dan sinden yang memberi variasi.

Alat musik ini umumnya berbentuk silinder. Dahulu kendang/gendang dipakai sebagai pengiring dalam seni bela diri pencak silat yang sampai sekarang masih digunakan dibeberapa daerah diindonesia selain itu biasa juga digunakan sebagai musik iring-iringan pengantin, menyambut tamu dan lain lain.

Source http://fungsialat.blogspot.co.id/ http://fungsialat.blogspot.co.id/2016/02/fungsi-alat-musik-tradisional-kendang-gendang.html
Comments
Loading...