Fungsi Alat Musik Kethuk dan Kempul

0 15
Ketuk dan Kemul biasanya digunakan sebagai pengiring pada acara acara pementasan seni. Apabila diperhatikan secara sekilas bentuk alat musik ini memiliki kesamaan dengan Bonang namun yang membedakannya adalah pada suara nada-nada yang dihasilkan. Kethuk dan Kempul merupakan salah satu perangkat gamelan yang ditabuh, biasanya digantung menjadi satu perangkat dengan Gong. Kempul termasuk bagian dari kelompok instrumen keras dari gamelan.
Kethuk dan Kempul memiliki bentuk mirip dengan gong tetapi lebih kecil. Kempul menandai aksen-aksen penting dalam kalimat lagu/gendhing. Dalam hubungannya dengan lagu/gendhing, kempul bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan; kadang-kadang kempul mendahului nada balungan berikutnya. Kempul menghasilkan suara yang lebih tinggi daripada Gong, sedangkan yang lebih kecil akan menghasilkan suara yang lebih tinggi lagi. Kethuk sama dengan kenong, fungsinya juga sama dengan kenong. Kethuk dan kenong selalu bermain jalin-menjalin, perbedaannya pada irama bermainnya saja.

 

Fungsi Kethuk dan Kempul

Kethuk dan Kempul merupakan satu set instrumen jenis mirip gong berposisi horisontal, ditumpangkan pada tali yang ditegangkan pada bingkai kayu. Dalam memberi batasan struktur suatu gendhing, Kempul adalah instrumen kedua yang paling penting setelah gong. Kethuk dan Kempul adalah alat musik tradisional yang asalnya dari wilayah Jawa Tengah yang berfungsi untuk mengiringi suatu lagu namun gamelan jika tidak mempunyai kethuk dan Kempul maka rasanya terdengar hambar sama halnya sayur tanpa garam.

Di samping berfungsi menggaris-bawahi struktur gendhing, nada-nada Kethuk juga berhubungan dengan lagu gendhing; ia bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan; ia boleh juga mendahului nada balungan berikutnya untuk menuntun alun lagu gendhing; atau ia dapat memainkan nada berjarak satu kempyung dengan nada balungan, untuk mendukung rasa pathet.  Pada kenongan bergaya cepat, dalam ayaka yakan, srepegan, dan sampak, tabuhan kenong menuntun alur lagu gendhing-gendhing tersebut. Kempul adalah merupakan gong gantung yang ukurannya kecil.

Source http://fungsialat.blogspot.com http://fungsialat.blogspot.com/2017/11/fungsi-alat-musik-kethuk-dan-kempul.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.