Filosofis Hidup Suku Sunda

0 319

Filosofis Hidup Suku Sunda

Suku sunda adalah kumpulan dari beberapa kelompok etnis yang memiliki asal dari pulau jawa bagian barat. Di Indonesia dari Ujung kulon dan juga di ujung barat dari pulau jawa sampai dengan Brebes sudah mencakup wilayah yang administrasi di propinsi Jawa Barat, Banten. Selain itu sebagian juga dari DKI Jakarta dan sebagian lain nya dari Jawa Tengah. Jika dilihat bahwa Jawa Barat adalah provinsi yang memiliki jumlah penduduk paling besar di Indonesia. Oleh karena itu Jawa Barat memiliki letak yang sangat berdekatan dengan ibu kota negara dan hampir semua suku bangsa yang berada di Indonesia berada di Jawa Barat.

Falsafah hidup suku Sunda yang memiliki makna mendalam yaitu “cageur (sehat), bageur (baik), bener (benar), pinter (pandai), tur singer (kreatif)”, dimana tiap kata memiliki artinya sendiri-sendiriMasing-masing memiliki makna pandangan hidup orang sunda yang mengarah kepada kebaikan.

Cageur

Memiliki makna sehat rohani dan jasmani. Sehingga orang Sunda diharapkan selalu menjaga mentalitas psikis dan juga kesehatan fisiknya.

Bageur

Bageur maknanya adalah kepribadian yang baik. Identitas orang Sunda adalah memiliki sikap yang baik, ramah, sopan santun dan tata krama yang luhur.

Bener

Bener memiliki makna berpijak pada perbuatan dan nilai yang benar. Seperti harus takwa, jujur, amanah, dls. Jangan sampai berperilaku yang salah.

Pinter

Artinya memiliki wawasan dan pengetahuan. Orang sunda dituntut agar memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi sebagai bekal kehidupan

Singer

Singer maknanya adalah kreatif dan inovatif. Masyarakat Sunda dengan kepribadian dan mindsetnya harus senantiasa memiliki karya yang kreatif dan inovatif.

Filosofis hidup ini terus diturunkan dan diajarkan secara turun temurun. Sehingga watak dan kepribadian orang Sunda diharapkan akan bisa benar-benar mencerminkan falsafah hidup yang sudah ditradisikan oleh para leluhur mereka.

Source https://ilmuseni.com/ https://ilmuseni.com/seni-budaya/kebudayaan-suku-sunda
Comments
Loading...