Filosofi Permainan Gunting Batu Kertas dan Tips Untuk Menang

0 23

Permainan gunting batu kertas ini banyak dimainkan oleh para anak kecil jaman dulu, namun untuk sekarang ini mungkin sudah jarang dimainkan. Kebanyakan para anak jaman sekarang lebih sering bermain gadget, dan benar memang semuanya telah tergantikan oleh yang namanya teknologi. Batu gunting kertas merupakan sebuah permainan klasik yang dijalankan oleh dua orang, yang mana make hand gestures guna melambangkan 3 buah elemen yakni gunting, batu, dan juga kertas. Umumnya permaianan ini sering dimainkan saat ingin mencari siapa yang menang atau yang jaga kalau di dalam permainan Petak Umpet.

Jadi untuk pemenangnya nanti bisa ditentukan dari 3 elemen ini, batu kalah dengan kertas, kertas kalah dengan gunting, kalau gunting kalah dengan batu. Intinya, seperti sebuah siklus yang berkesinambungan satu sama lain. Agan gemar main suit dengan gunting-batu-kertas semasa kecil? Ya, game gunting batu kertas ini memang menjadi permainan yang menyenangkan, praktis, serta terkadang jadi fungsional. Contoh waktu Agan sedang berantem dengan kakak dan memperebutkan siapa yang boleh memainkan PlayStation terlebih dulu, kalian akan saling bertengkar dengan argumentasi khas kekanakan yang egonya tentu saja masih terbilang tinggi.

Sampai akhirnya saat musyawarah mufakat tak dapat berjalan sempurna, maka secara langsung orang tua kalian akan meminta kalian berdua untuk melakukan suit gunting batu kertas. Hal itu menjadi sebuah solusi yang sederhana, mudah, dan sangat menyenangkan, bahkan juga mungkin kesannya menjadi adil. Dengan melakukan suit gunting batu kertas, kedua belah pihak yang sedang berseteru seolah-olah punya kesempatan yang sama supaya dapat meraih kemenangan ataupun mendapat sebuah kekalahan. Kedua belah pihak juga merasa dapat lebih lapang dada kalau kalah, serta tidak terlalu sombong saat mendapat kemenangan.

Jadi, mengapa harus kesal saat kalah, dan harus sombong ketika menang? Bukankah permainan gunting batu kertas ini sangat adil dan mengandalkan keberuntungan saja? Sebab kemungkinan menang serta kalah sangatlah tergantung pada pilihan Agan “senjatamu” serta juga pilihan “senjata” lawan Agan. Dalam melakukan suit gunting batu kertas ini, tak perlu punya keahlian yang perlu dikuasai. Kalau dibandingkan memakai metode pemilihan dengan Adu Panco ketika sedang berebut main PS, tentu hal itu sangat tidak adil, dan untuk Agan yang tak mempunyai tenaga yang kuat sudah dapat dipastikan kalah telak.

Permainan gunting batu kertas sangat bergantung dengan bagaimana Agan bereaksi atas perilaku musuh Agan dan juga pilihan-pilihan dari senjata musuh yang tentunya menyimpan semacam pola. Dengan adanya sebuah fakta jikalau pemain gunting batu kertas yang sering menang biasanya menggunakan senjata yang sama, dan untuk yang kalah sering kali mereka banyak berganti-ganti senjata. Nah, Agan bisa pakai fakta ini untuk dijadikan pertimbangan guna membaca serangan musuh. Agan dapat mulai membaca musuh ketika memasuki suit babak awal, begini caranya :

Pertama
Kalau musuh menang, karena contohnya musuh memakai batu sementara Agan memakai gunting. Jangan langung berkecil hati Gan, cobalah untuk selanjutnya memakai kertas, sebab ada kemungkinan musuh tetap memakai batu. Namun ingat, Agan merubah senjata guna mengelabui lawan saja, bukan disebabkan berganti taktik strategi. Jangan sampai pola jarimu malah jadi terbaca balik oleh musuh.

Kedua
Musuh kalah, mungkin sebab musuhmu memakai batu sedangkan Agan memakai sejata kertas. Kerja bagus! Kemungkinan besar musuh Agan akan berpindah senjata ke gunting. Coba untuk kali ini Agan memakai senjata batu, dan berdoa agar tepat rencana.

Source https://www.kaskus.co.id https://www.kaskus.co.id/thread/5b57f620902cfe8f338b4569/filosofi-permainan-gunting-batu-kertas-dan-tips-untuk-menang/
Comments
Loading...