Filosofi Pakaian sehari-hari Adat Jakarta

0 18

Filosofi Pakaian sehari-hari Adat Jakarta

Indonesia terkenal dengan berbagai macam busana adatnya yang unik. Salah satunya ialah pakaian adat Jakarta. Jakarta memiliki beragam pakaian adat. Bahkan pakaian daerah ini terbagi menjadi 3 macam. Ketiga macam pakaian tersebut ialah pakaian yang dipakai sehari-hari, kedua pakaian yang digunakan untuk acara resmi, ketiga adalah pakaian yang digunakan untuk pesta perkawinan. Tak hanya itu, ketiga macam pakaian khas Jakarta tersebut juga terkenal dengan filosofinya. Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga macam pakaian tersebut.

Pakaian sehari-hari

Pakaian yang dikenakan oleh masyarakat Jakarta dalam keseharian sebenarnya sederhana. Para pria cukup mengenakan baju panjang dimana baju ini kita kenal sebagai baju koko. Baju ini berwarna polos. Sementara itu, untuk bawahannya ialah celana panjang yang memiliki motif batik sederhana. Tak hanya itu, ada pula kain pelekat berupa sarung atau bisa diganti dengan selempang khas Betawi.

Selempang ini diselipkan di bagian pundak. Sebagai pelengkap, para pria mengenakan peci berbahan beludru. Bagaimana dengan para para wanita? Para wanita akan mengenakan pakaian sederhana bernama baju kurung yang memiliki lengan pendek serta kain batik dengan motif geometri berwarna cerah. Sebagai pelengkap, para wanita akan mengenakan kerudung yang memiliki warna serasi dengan pakaian yang dipakai.

Source http://infobudayaindonesia.com http://infobudayaindonesia.com/pakaian-adat-jakarta-dengan-beragam-filosofinya/
Comments
Loading...