Filosofi Pakaian Pengantin Adat Jakarta

0 233

Filosofi Pakaian Pengantin Adat Jakarta

Indonesia terkenal dengan berbagai macam busana adatnya yang unik. Salah satunya ialah pakaian adat Jakarta. Tahukah, Jakarta memiliki beragam pakaian adat. Bahkan pakaian daerah ini terbagi menjadi 3 macam. Ketiga macam pakaian tersebut ialah pakaian yang dipakai sehari-hari, kedua pakaian yang digunakan untuk acara resmi, ketiga adalah pakaian yang digunakan untuk pesta perkawinan. Tak hanya itu, ketiga macam pakaian khas Jakarta tersebut juga terkenal dengan filosofinya. Berikut adalah penjelasan mengenai ketiga macam pakaian tersebut yang bisa menjadi referensi Anda.

Pakaian pengantin

Pakaian pengantin khas Jakarta atau Betawi ini lebih terlihat unik dari pakaian keseharian. Konon, pakaian khusus pengantin ini merupakan pencampuran budaya Tionghoa, Barat dan Arab. Seperti apa baju pengantin ini? Pengantin pria akan mengenajan jubah cerah dengan penutup kepala yang memiliki motif benas emas dan manik-manik cerah.

Sementara itu, pengantin wanita mengenakan blus cina berwarna cerah. Blus ini terbuat dari satin. Untuk bawahan, para wanita akan mengenakan rok gelap. Bagian atas kepala pengantin wanita dilengkapi dengan kembang goyang. Tak lupa, cadar akan dipasangkan di wajah mempelai wanita.

Source http://infobudayaindonesia.com/ http://infobudayaindonesia.com/pakaian-adat-jakarta-dengan-beragam-filosofinya/
Comments
Loading...