Filosofi Kenapa Gadis Jawa Memotong Rambut Sebelum Melakukan Prosesi Pernikahan

0 185

Filosofi Kenapa Gadis Jawa Memotong Rambut Sebelum Melakukan Prosesi Pernikahan

Upacara pernikahan merupakan sebuah momen yang besar bagi adat masyarakat Indonesia. Tak ayal akibat adat ini, terkadang si punya hajat sampai harus mengeluarkan banyak uang. Tak masalah, karena tujuannya adalah untuk melestarikan adat di mana hari ini hal tersebut sudah mulai tergilas pengaruh modernitas.

Tentang adat pernikahan, hampir semua daerah di Indonesia memilikinya, pun orang-orang Jawa. Mereka memiliki beragam adat pernikahan yang biasanya dilakukan sebelum menikah, khususnya bagi calon mempelai perempuan. Bagi kita yang melihat, mungkin prosesi adat tersebut nampak biasa, tapi jelas hal tersebut punya makna dan filosofi yang dalam.

Memotong Rambut

Upacara berikutnya adalah upacara memotong rambut yang melambangkan akhir dari masa anak-anak menuju masa permulaan kehidupan dewasa untuk kedua mempelai. Sedikit ujung rambut akan dipotong sebagai lambang untuk membuang sangkal atau kotoran dari masa kecil. Kotoran ini harus dipotong sebelum pernikahan supaya tidak ada lagi halangan di masa kehidupan baru bagi kedua mempelai.

Selain calon pengantin perempuan, calon pengantin laki-laki juga akan melakukan prosesi ini. Rambut calon pengantin laki-laki dipotong dan dibawa ke rumah calon mempelai perempuan untuk sama-sama ditanam di kebun. Selanjutnya calon mempelai perempuan akan digendong masuk ke kamar oleh ayahnya sebagai lambang kasih sayang yang terakhir sebagai anak dan lambang sebagai ayah yang mengantarkan kehidupan mandiri bagi anak perempuannya yang akan menikah.

Source https://www.boombastis.com/ https://www.boombastis.com/prosesi-penikahan-jawa/78019
Comments
Loading...