Filosofi Kehidupan Dalam Menu Pelengkap Nasi Tumpeng : Telur

0 183

Filosofi Kehidupan Dalam Menu Pelengkap Nasi Tumpeng : Telur

Nasi tumpeng dan lauk pauknya memiliki makna serta filosofi tertentu. Zaman dahulu nasi tumpeng dibuat dengan nasi putih, saat ini sudah sangat bervariasi. Nasi putih dengan bentuk kerucut ini melambangkan apapun yang harus kita makan harus bersumber dari sesuatu yang bersih dan halal. Sedangkan bentuknya yang kerucut adalah harapan supaya selalu hidup sejahtera.

Lauk yang dipilih biasanya adalah ayam, ikan lele, ikan teri, telur, dan pelengkap lainnya seperti sayuran urab. Pada bagian atas tumpeng diberikan cabai merah yang berarti api yang memberikan penerangan yang bermanfaat untuk orang lain.

Membuat nasi tumpeng memang sedikit rumit, karna banyak sekali bahan pelengkapnya. Jadi jika tidak bisa membuatnya saat ini banyak sekali jasa catering yang melayani dalam pembuatan nasi tumpeng.

Berikut filosofi kehidupan dari hidangan nasi tumpeng. 

Telur
Telur yang direbus pindang bukan didadar atau mata sapi. Disajikan utuh dengan cangkangnya. Syaratnya, harus dikupas dahulu sebelum dimakan yang melambangkan semua tindakan kita harus direncanakan (dikupas), dikerjakan sesuai rencana dan dievaluasi hasilnya demi kesempurnaan.

Source https://www.aktual.com/ https://www.aktual.com/filosofi-kehidupan-di-dalam-nasi-tumpeng-penasaran/
Comments
Loading...