Filosofi Kain Batik Sido Asih Untuk Pernikahan Adat Jawa

0 66

Filosofi Kain Batik Sido Asih Untuk Pernikahan Adat Jawa

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Motif yang ditorehkan pada selembar kain batik selalu mempunyai makna tersembunyi. Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam.

Pada acara pernikahan adat Jawa tidak bisa dilepaskan oleh kain batik yang dikenakan sebagai pelengkap gaun atau kebaya pernikahan. Pada sebuah pernikahan, kedua mempelai dianjurkan untuk menggunakan kain batik bermotif yang diawali dengan kata “sida atau sido” yang berarti “jadi”. Karena motif batik yang melekat pada kain-kain Jawa menyimpan cerita dan filosofi yang berbeda.

Kain batik Sido Asih berasal dari Keraton Surakata. Batik Sido Asih cocok digunakan mempelai wanita saat malam pesta pernikahan adat Jawa. Dengan makna yang baik bagi kedua mempelai, Sido Asih mengharapakan agar hidup rumah tangga kedua mempelai selalu dipenuhi kasih sayang.

Source https://fitinline.com/article/read/keunikan-makna-filosofi-batik-klasik-motif-sido-luhur/ http://www.seputarpernikahan.com/calon-pengantin-wajib-tahu-serba-serbi-makna-dibalik-kain-batik-untuk-pernikahan-adat-jawa/

Leave A Reply

Your email address will not be published.