Filosofi Hidup Wanita Jawa dalam Sehelai Kebaya

0 80

Filosofi Hidup Wanita Jawa dalam Sehelai Kebaya

Sebagai orang Jawa, kebaya merupakan hal yang tidak asing. Tetapi di balik selembar baju kebaya itu sendiri memiliki filosofi yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan. Ternyata, bagi seorang wanita Jawa, kebaya bukan hanya sebatas pakaian. Kebaya merupakan perlambang ciri khas dan karakter masyarakat Jawa dan Indonesia pada umumnya, yang bisa dipahami dari beberapa ciri khas kebaya dan pernak-perniknya.

Pertama, kebaya dirancang dengan potongan yang sederhana tanpa banyak variasi atau detail yang rumit. Bentuk yang sederhana ini merupakan representasi sifat sederhana yang dimiliki masyarakat Indonesia. Baik sederhana dalam hal materi, tingkah laku, maupuan tutur kata. Sederhana bukan berarti tidak mau berusaha menjadi lebih baik, namun lebih kepada sikap untuk selalu bersyukur atas semua karunia yang diberikan Tuhan.

Kedua, kebaya selalu dipadukan dengan jarik atau kain yang membalut tubuh. Cara memakai kain ini membuat pemakainya tidak bisa bergerak cepat. Perempuan Jawa yang mengenakan kain otomatis akan akan bergerak dengan lemah gemulai. Perpaduan antara kebaya dan kain menjadi perlambang kepatuhan, kehalusan, dan tindak-tanduk yang serba lembut dari wanita Jawa.

Ketiga, potongan kebaya yang mengikuti bentuk tubuh akan membuat wanita berhati-hati dan tidak sembarangan bergerak. Ini merupakan pengingat bagi para wanita untuk senantiasa menjaga perilaku karena segala gerak dan tingkah lakunya menarik perhatian banyak orang. Meskipun begitu, wanita dituntut untuk tetap bisa menyesuaikan diri dengan segala situasi.

Keempat, saat memakai kebaya, bagian pinggang akan diikat dengan stagen atau ikat pinggang yang berupa kain panjang. Masyarakat Jawa mengenal istilah ‘dowo ususe’ atau panjang ususnya yang artinya manusia harus bersabar. Bentuk stagen yang panjang merupakan simbol sifat sabar yang dibutuhkan manusia dalam menjalani hidup di dunia.

Meskipun sederhana, ternyat makna yang dilambangkan dalam kebaya sangat luar biasa. Semoga, modifikasi kebaya modern tidak hanya akan membuat generasi muda semakin mencintai kebaya tapi juga memahami dan mempraktikkan nilai-nilai hidup yang ada pada kebaya.

Source Filosofi Hidup Wanita Jawa dalam Sehelai Kebaya Emakpintar
Comments
Loading...