Filosofi Es Jenang Dawet Khas Jawa

0 21

Es jenang dawet ini memiliki filosofi yang menarik untuk di bedah dan dipelajari. Dalam segelas es jenang dawet terdapat lima komponen inti meskipun biasanya bisa ditambah dengan komponen lain sesuai selera penikmatnya. Komponen inti tersebut adalah cendol, ketan hitam, gula merah yang dilelehkan, santan dan es batu. Filosofinya kelima unsur ini adalah lima sudut pandang yang berbeda namun berusaha melebur menjadi satu dalam satu wadah gelas. Sehingga akan menciptakan rasa yang pas dan lezat bagi penikmatnya. Maksudnya? Dalam menjalani hubungan sosial dalam masyarakat, masyarakat diibaratkan sebagai komponen-komponen yang ada dalam es jenang dawet yang memiliki berbagai macam sudut pandang yang berbeda. Sedangkan gelas adalah musyawarah yang menyatukan masyarakat tersebut. Sehingga muncullah rasa nikmat karena musyawarah yang telah mencapai mufakatnya.

Lantas apa hubungannya dengan implementasi filosofis Pancasila? Begini, es jenang dawet memiliki lima komponen penting di dalamnya begitupun Pancasila. Hakikatnya bagaimana cara menggabungkan lima komponen yang terdiri dari sila satu sampai sila ke-lima bisa mencapai tujuan yang diidam-idamkan oleh masyarakatnya. Begitulah arti Pancasila yang sebenarnya. Harapannya ke-lima unsur tersebut bisa memperkuat pertahanan dan persatuan bangsa kita yang dominan dengan kebudayaan yang berbeda-beda. Bisa merangkul semuanya tanpa terkecuali. Pada akhirnya hidup tentram dan nyaman adalah rasa nikmatnya karena semua komponen yang berbeda itu berusaha meleburkan diri menjadi satu yaitu satu NKRI tanpa terkecuali.

Sebenarnya sederhana saja dalam mengkonsepkan bagaimana pesan Pancasila dalam kehidupan. Sebagai contoh filosofi es jenang dawet yang diibaratkan menjadi implementasi filosofis Pancasila. Es jenang dawet sendiri merupakan makanan khas daerah kita yang menjadi bagian dari lokalitas bangsa yang patut dibanggakan. Jika lokalitas bangsa saja mampu mengartikan Pancasila dalam artian yang merakyat, lantas bagaimana kita dalam mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan?.

Source http://satujiwa.dutadamai.id http://satujiwa.dutadamai.id/filosofi-es-jenang-dawet-dalam-implementasi-filosofis-pancasila/

Leave A Reply

Your email address will not be published.