Filosofi Dibalik Dawet Dalam Pernikahan Jawa

0 57

Dawet yang akan dibahas kali ini adalah minuman yang terbuat dari gula jawa, santan, dan cendol. Umumnya disajikan dalam keadaan dingin. Pada pernikahan adat Jawa, dawet tak hanya dihidangkan di atas meja, namun disajikan sebagai rangkaian upacara pernikahan yang dikenal dengan dodol dawet artinya berjualan dawet. Kenapa?? Karena ternyata bentuk cendol yang bulat melambangkan kebulatan kehendak orangtua untuk menjodohkan anak.

Para tamu undangan diperkenankan untuk membeli dawet tersebut tapi tidak menggunakan uang, melainkan menggunakan kreweng (koin yang terbuat dari tanah liat). Yang artinya hal ini menunjukkan bahwa kehidupan manusia berasal dari bumi.

Ibu calon mempelai wanita bertindak melayani pembeli, sementara sang ayah menerima pembayaran. Hal ini mengajarkan kepada anak mereka yang akan menikah tentang bagaimana mencari nafkah sebagai suami istri , harus saling membantu.

Source https://www.hipwee.com https://www.hipwee.com/list/filosofi-dibalik-6-hidangan-asli-indonesia-yang-perlu-kamu-tahu/

Leave A Reply

Your email address will not be published.