Filosofi di Balik Seni Reak Sunda

0 153

Filosofi di Balik Seni Reak Sunda

Ada beberapa seni tradisional di Indonesia yang kental dengan kesan mistis, di antaranya adalah seni reak Sunda. Banyak masyarakat yang menuduh seni tradisional tersebut musyrik dan menyimpang dari ajaran agama islam. 

Padahal mereka belum tentu mengetahui filosofi yang terkandung dalam seni tradisional reak Sunda.  “Padahal filosofinya juga tak jauh dari ajaran agama islam,” ujar Redi. Redi menjelaskan, alat musik yang digunakan nayaga (pemain musik gamelan) memiliki filosofi untuk mengajak orang-orang segera beribadah.

Alat yang biasa digunakan oleh nayaga reak adalah tilintit, gong, dan godoblag, yang diartikan sebagai “geura indit” (segera pergi), “tong embung” (jangan tidak mau), “geus aya sora bedug” (sudah ada suara bedug). “Intinya kan menyuruh orang salat,” ujar Redi. Redi menjelaskan, sesajen yang digunakan dalam seni reak Sunda juga memiliki filosofi lain yang berarti sesama anak adam harus saling menyayangi.

Source http://jabar.tribunnews.com/ http://jabar.tribunnews.com/2017/12/21/sering-dianggap-musyrik-begini-filosofi-di-balik-seni-reak-sunda-yang-dekat-dengan-ajaran-agama
Comments
Loading...