Filosofi Dan Asal Usul Wayang Suket

0 449

Tidak ada yang tahu dengan jelas kapan Wayang Suket ini dibuat oleh banyak orang. Namun beberapa orang seperti Thalib Prasojo dan Slamet Gundono dikenal sangat ahli dalam membuat Wayang Suket ini. Mereka mampu mengubah rumput yang tidak berguna berubah menjadi sesuatu yang tidak hanya unik namun juga memiliki nilai filosofi yang dalam.

Dahulu kala,Wayang Suket banyak dibuat untuk mainan anak-anak. Biasanya anak-anak atau orang tua akan membuatnya ketika berada di ladang. Rumput-rumput yang panjang serta kuat dianyam sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk wayang yang unik. Saat wayang sudah jadi, anak-anak akan memainkannya dengan suka cita hingga Wayang Suket akhirnya rusak.

Seperti yang telah penulis katakan pada poin sebelumnya, Wayang Suket memiliki filosofi yang sangat besar dan dalam. Filosofi yang dimaksukkan adalah tempat hidup dari rumput atau suket itu sendiri. Tumbuhan yang sering dianggap hama itu kerap kita injak atau bahkan basmi. Namun, setelah beberapa saat mereka kembali tumbuh dan berkembang dengan baik.

Rumput bisa diibaratkan kehidupan manusia. Meski manusia awalnya menderita dan letaknya di bawah, jika berusaha mereka bisa bangkit dan berkarya. Meski rumput tidak berguna, jika sudah dibuat jadi wayang tetap akan menjadi karya seni yang hebat. Terlebih lagi kalau dalangnya mampu menyajikan cerita yang hebat kepada pemirsa.

Source https://www.boombastis.com https://www.boombastis.com/wayang-suket/81123
Comments
Loading...