Filosofi Bunga Kenanga di Jawa

0 2.357

Filosofi Bunga Kenanga di Jawa

Salah satu bunga yang kaya akan makna ialah Bunga Kenanga. Bermakna filosofis agar kita dan keluarga senantiasa mendapatkan “keharuman” dari para leluhur.

Keharuman yang di timbulkan dari aroma Kenanga merupakan kiasan dari berkah-safa’at yang berlimpah dari para leluhur, dapat mengalir (sumrambah) kepada anak turunnya.

Bunga Kenanga, sering disebut Kenongo (Bahasa Jawa) dan memiliki nama latin Canangium odoratum baill merupakan tanaman dari family annonaceae.

Pengertian dari bunga tersebut adalah bunga yang memiliki bau yang sangat khas, dan biasanya dikenal sebagai pohon parfum, tanaman bunga ini diduga berasal dari asia tenggara termasuk di Indonesia. Dan tidak asing pula bagi masyarakat di Jawa

Bunga Kenanga memiliki manfaat diantaranya :

-Dimanfaatkan untuk bunga tabur dan pohonnya sebagai peneduh dihalaman rumah dan juga di tepi-tepi jalan.

-Bunga ini merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh mencapai 30 meter dan dapat tumbuh subur pada daerah yang ketinggiannya mencapai 1200 meter dari permukaan laut.

-Canangium odoratum ini mengandung farnesol, asam bensoat, geraniol, safrol, eugenol, kadinen, bensin asetat, linalool, dan pinen.

Biasanya bunga ini digunakan untuk pelengkap sebuah ritual, dicampur dengan bunga melati, bunga mawar dan bunga-bunga lainnya, direndam dalam air yang bersumber dari 7 sumur, Air rendaman tersebut dinamakan ‘Air Bunga Setaman‘ yang biasanya dipakai untuk mandi bagi pengantin baru saat upacara siraman, dipakai juga saat upacara-upacara lain.

Bunga adalah salah satu perlengkapan yang penting dalam upacara adat jawa, nenek moyang kita jauh sebelumnya sudah memperkenalkan bunga dalam kebudayaannya. Bunga Selain mempunyai nilai seni juga mengandung makna filosofi yang tinggi.

Filosofinya di dalam bahasa Jawa ialah Keneng-a  yang artinya Capailah segala keluhuran yang telah dicapai oleh para pendahulu. Berarti generasi penerus seyogyanya mencontoh perilaku yang baik dan prestasi tinggi yang berhasil dicapai para leluhur semasa hidupnya.

Kenanga, dari kata kenang-en Bermakna filosofis agar supaya anak turun selalu mengenang warisan leluhur tradisi, kesenian, kebudayaan, filsafat, dan lain yang baik-baik.

Source Filosofi Bunga Kenanga Di Jawa dara
Comments
Loading...