Filosofi Buah Kurma Dalam Jawa

0 316

Filosofi Buah Kurma Dalam Jawa

 

Sudah banyak masyarakat yang mengenal buah yang satu ini. Buah kurma berasal dari Arab. Yang memiliki ciri-ciri warnanya hitam, bentuknya bulat dengan kulit keriput, dan rasanya manis. Buah kurma memiliki filosofi ‘meskipun sudah keriput (tua dan menghitam (buruk rupa) tetapi masih memiliki manfaat (rasa manis dan khasiat)’.

Yang memiliki arti  orang itu bila sudah berumur akan tidak lagi menarik. Meskipun demikian hendaklah tetap bisa memberi manfaat bagi yang membutuhkan.

Meski tua tetapi mampu menjadi panutan atau tempat curahan masalah bagi yang muda, bisa memberi nasihat yang baik dan berguna, bisa memberi rasa tentram di hati/kesembuhan jiwa, bisa membina yang lebih muda, dan lain sebagainya. Begitu halnya dengan buah kurma, tetap tidak pernah kehilangan manisnya meskipun bentuknya kisut, hitam, dan tidak menarik dipandang mata.

Di wilayah Jawa buah yang satu ini terkenal dengan khasiat yang dimilikinya sangat besar, sehingga tidak heran bila banyak yang mencari buah yang satu ini. Tradisi orang Jawa setiap pulang dari tanah suci biasanya buah yang satu ini tidak ketinggalan sebagai buah tangan yang akan di berikan kepada sanak saudaranya masing-masing. Selain itu banyak tetangga pula biasanya yang datang ke rumah, berdoa agar pergi juga ke tempat tanah suci untuk menunaikan kesempurnaan ibadahnya.

Source Filosofi Buah Kurma Dalam Jawa kompasiana
Comments
Loading...